Keunikan Pasar Tiban (Pasar Dadakan) Kota Batang

Pasar Dadakan

Pasar tiban atau Pasar Dadakan merupakan sebuah fenomena yang muncul akhir-akhir ini yaitu keramaian yang terjadi di salah satu jalan atau sebuah gang di sebuah daerah atau wilayah yang di dalamnya terdapat berbagai macam penjual yang menjajakan daganganya sehingga menciptakkan keramaian yang mengundang datangnya masyarakat sekitar, Pasar Tiban atau Pasar Dadakan tersebut muncul biasanya dalam jangka waktu satu minggu sekali yang didalamnya banyak model dagangan di dijual dan harganya juga relatif murah, sehingga secara tidak langsung menyita perhatian masyarakat yang tentu saja tertarik dengan harga yang di tawarkan. Sebenarnya pasar tiban atau pasar dadakan sendiri hampir mirip dengan pasar malam yang biasanya ada di alun-alun tetapi pasar tiban atau pasar dadakan memiliki ciri khusus yaitu letaknya di sapanjang jalan atau sebuah gang dan barang-barang yang di jajakan juga tidak selelngkap aya yang ada di pasar malam dan tentu saja pasarnya relatif kecil, serta penjual yang menjajakan daganganya seringkali tetap (tidak berganti-ganti penjual). Pasar tiban atau pasar dadakan sendiri sebenarnya merupakkan sekelompok pedagang yang membentuk kelompok dan didalam kelompok tersebut muncul kesepakatan tentang rencana dagang yang ingin mereka lakukkan berdasarkan jadwal yang mereka buat sendiri. Kalau dicermati serta di amati pasar tiban atau pasar dadakan itu dilaksanakkan tiap hari oleh para pedagang yang tergabung dalam sebuah kelompok pedagang, yang lokasinya berbeda-beda sesuai dengan jadwal yang mereka tentukkan.

Pasar tiban atau pasar dadakan sendiri hanya dapat di temui disekitar Kota Batang dan Pekalongan saja berdasarkan ciri khusus yang dilikinya, sehingga jarang sekali pasar tiban atau pasar dadakan tersebut dapat kita temui di daerah atau wilayah lain dan apabila ada tentu saja itu bukan pasar tiban atau pasar dadakan yang ada di Kota Batang dan Kota Pekalongan yang memiliki ciri khas sendiri, pasti ada yang mirip pasar tiban atau pasar dadakan yang ada di Kota Batang serta Kota Pekalongan tetapi pasti ada perbedaanya dan tentu saja namanya juga berbeda. Peran Pasar tiban atau pasar dadakan yang terdapat di wilayah Kota Batang dan Kota Pekalongan selain sebagai pusat belanja bagi masyarakat sekitar yang dilaksanakkan pada malam hari juga sebagai keunikkan tersendiri yang menjadi ciri khas kota batang dan kota pekalongan. Pasar tiban memiliki daya tersendiri sebagai pusat hiburan dan refreshing warga setempat karena dalam pasar tiban tersebut ada arena bermain untuk anak-anak yang bertarif murah dan bagi para orang dewasa dapat menikmati suasana keramaian yang terjadi di pasar tiban tersebut.  






7 comments:

Cah Pandansari said...

nambahin link gan, jadwal parti Pekalongan mBatang kiye .... https://www.facebook.com/groups/bisnispekalongan/doc/465183380167536/

teguhalkhawarizmi said...

Akhirnya, ketemu juga dgn blogger dr Batang. Salam kenal dr saya, sesama warga Batang.
Kalau ada waktu, silakan mampir jg ke blog saya.

semua ada disini said...

Cah Pandansari_ thank 4 visiting sob...

semua ada disini said...

teguhalkhawirizmi_Salam Kenal juga sob, anak Batang terus berkarya...

Anak Batang said...

Salam dr Batang

semua ada disini said...

komunitas batang berkarya..

Pekalongan Isme said...

Pasar Tiban, Alternatif wisata belanja warga
monggo mampir web saya gan,
https://www.pekalonganisme.com

Post a Comment

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Keunikan Pasar Tiban (Pasar Dadakan) Kota Batang