Meningkatkan Kreativitas Anak


Kreatif sekali

Semua Ada Disini-Kreativitas anak biasanya timbul dari aktivitas yang dilakukan dengan menggunakkan ide-ide sehingga meciptakkan sebuah karya yang dibuat sendiri, kreativitas sendiri tidak serta merta ada pada anak melainkan perlu adanya proses untuk mencapai kemampuan tersebut. Kreativitaas erat hubunganya dengan kognitif anak (Kecerdasan), kreativitas sendiri dapat dipelajari melalui media, atau bimbingan orang pada anak. kreativitas sendiri sangat perlu di ajarkan sebab disini selain kecerdasan anak kamampuan untuk mempunyai kreativitas juga perlu dipelajari siswa guna untuk menunjang prestasi anak dalam prosees belajar. Anak yang mempunyai sikap kreatif cenderung untuk mengeluarkan ide-idenya dalam bentuk karya yang di sesuaikan dengan umur anak tersebut. Pada usia anak-anak kreativitas lebih banyak mengarah ke pada keaktifan anak dalam hal bermain karena di usianya yang masih cenderung menyukai peermainan yang bersifat menghibur dan penuh keceriaan, tetapi sikap kreatif mempunyai ciri yang khusus dan apa yang di mainkan oleh anak-anak seusianya mempunyai perbedaan dengan anak yang lain. adapun salah satu ciri dari kreativitas anak seperti berikut :

  1. Suka mencoba hal-hal yang baru, disini anak kreatif cenderung menyukai hal-hal yang baru yang belum pernah mereka umpai sebelumnya. 
  2. Mempunyai sudut pandang tentang apa yang dilihtanya, mereka biasaya menilai sendiri apa yang dilihat sehingga dari situ muncul ide-ide kreatif anak.
  3. Mempunyai jawaban yang aneh, dari pertanyaan yang di ajukkan kepada dirinya.
  4. Mampu menerima pendapat dan kritikan,sehingga dapat menunjang dalam kreativitasnya. 

Sikap kreativitas anak perlu diperhatikkan oleh orang tua. Karena, dari sikap ini orang tua dapat melihat bakat dan minat anak sehingga orang tua akan dengan mudah untuk menyalurkan kegemaran itu ke arah yang bersifat mengembangkan kemampuan anak. Serta akan membimbing anak dalam penyaluran kreativitas anak kearah yang positif, karena kecenderungan anak kreatif itu sulit untuk di atur atau bandel sebab mereka mempunyai pendapat sendiri. Dan itu yang perlu orang tua perhatikkan sebab agar kreativitas anak anak dan berkembang serta tidak mematikkan kreativitasnya.






6 comments:

Fira Farizka said...

Dari waktu ke waktu postinganmu tambah cespleng n alexa makin meningkat bagus lanjutkan

obat raja singa said...

makasih atas infonya

semua ada disini said...

Fira Farizka@ keep spirit...

semua ada disini said...

sama-sama sob...

Zeeya said...

Sepakat sekali dengan isi artikelnya. Anak-anak punya dunia mereka sendiri, maka pastinya cara mendidiknya juga harus menyenangkan ya. Aku kan sekarang kebanyakan maen twitter dan pinterest, terus nemu banyak ide menarik yang di posting ama emak2 dr luar negeri. Dan aku baru nyadar, pola mendidik anak untuk berkreasi di Indonesia masih begitu2 saja. Terakhir ngecek FB, eh ada fanpage untuk melatih kreativitas anak juga, namanya Galeri Akal. (cek di https://www.facebook.com/GaleriAkal)
IDe2nya seru dan menyegarkan kalau aku bilang. Soalnya d indonesia masih dikit banget fanpage atau web yang memfasilitasi keingintahuan emak2 kayak aku gimana cara meningkatkan kreativitas anak.

Semua Ada Disini said...

jadi jangan di salahkan apabila anak itu bermain sehingga menyebabkan pakaian kotor atau yang lain karena sebenarnya dalam proses itu anak sedang menggali kemampuan bakat atau sedang mengeksplore diri.

makasih sudah mampir di Blog saya ini sob..

Post a Comment

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Meningkatkan Kreativitas Anak