Kamis, 10 Januari 2013

Minat Belajar Anak

Minat Belajar
Minat belajar anak-Faktor terpenting dalam kegiatan belajar adalah minat, karena dari minat inilah akan memudahkan anak dalam proses belajar mengajar terutama ketika terjadi hubungan aktif antara guru dan murid pada sebuah pelajaran dikelas, dalam proses inilah yang merupakkan salah satu faktor penentu keberhasilan anak dalam proses belajar mengajar. Mengapa demikian, sebab apabila dalam proses pembelajaran ketika guru sedang menerangkan sebuah materi kepada siswanya, sebetulnya itu sedang terjadi hubungan aktif 2 arah, seharusnya dalam proses ini hubungan antara guru dan murid dapat berjalan dengan baik sehingga akan menghasilkan proses belajar mengajar yang maksimal bagi 2 belah pihak tersebut. 

Dalam proses itu kadang tidak terjalin hubungan yang diharapkan karena faktor tertentu, sehingga proses belajar mengajar tidak maksimal, diantaranya adalah :
  • Guru, peran guru dalam proses belajar mengajar merupakan faktor terpenting ketika menyampaikan         penjelasan materi yang membuat siswa bosan, mengantuk atau bahkan malas untuk mengikuti pembelajaran tersebut. Ketika hal itu terjadi harus segera diambil solusi dengan cara melakukan introspeksi kepada diri sendiri, dengan menilai mungkin metode yang digunakkan kurang tepat, kurang terjadi hubungan inter aktif antara guru dan murid dan faktor-faktor yang lain.
  • Pengetahuan guru terhadap murid, disini kita kerap kali menilai dari apa yang kita lihat dari aktivitas siswa dilingkungan sekolah tanpa  peduli sebab seorang siswa melakukan perbuatan yang di nilai kurang pantas atau aneh oleh seorang guru. Sebab setiap siswa mempunyai latar belakang dan keluarga yang berbeda-beda yang juga akan mempengaruhi segala kegiatanya baik dilingkungan sekolah maupun lingkungan sekitar. Peran wali kelas yang sangat dibutuhkan disini, sebab seorang wali kelas akan mengerti setiap perkembangan aktivitas muridnya dan menanyakan alasanya tersebut serta diharapkan untuk segera memberikan solusi atau nasehat untuk siswa itu.
  • Siswa/ Murid, keberadaan seorang siswa itu merupakan faktor penting dalam terjadinya proses belajar mengajar terutama di sekolah, tetapi perlu diperhatikkan dilingkungan sekolah itu pusat terjadinya proses belajar mengajar yang terdiri dari puluhan peserta didik yang menuntut ilmu yang tentu saya berasal dari lingkungan yang berbeda-beda sehingga akan mempengaruhi pola pikir dan juga kecerdasan yang berbeda-beda pula. dengan demikian seorang pengajar harus memperhatikkan perbedaan kecerdasan yang ada pada peserta didik. 
  • Fasilitas, apabila dilihat dari fungsinya sebuah fasilitas itu sangat di perlukkan dalam proses belajar mengajar sehingga akan mempermudah pemahaman seorang siswa terhadap materi pelajaran yang sedang dipelajari, pada umumnya sekolah yang mempunyai fasilitas yang lengkap akan berdampak kepada hasil belajar siswa yang mempunyai kecenderungan lebih menguasai  materi yang di ajarkan serta kepada kecerdasaan siswa.
  • Lingkungan Keluarga, di faktor ini mempunyai peran yang sangat vital dan tentu saja akan banyak mempengaruhi anak dalam proses belajar mengajar, ini terjadi karena dilingkungan keluarga proses pembentukkan karakter anak terjadi sehingga akan otomatis tebawa ke lingkungan sekolah dan mempengaruhi proses belajarnya.
Dari faktor-faktor  diats jelas mempengaruhi proses belajar mengajar, sehingga proses belajar mengajar tidak maksimal, dengan demikian faktor peghambat belajar anak sangat variatif tetapi yang perlu diperhatikkan dalam proses menumbuhkan minat belajar anak harus cenderung  untuk belajar mempunyai ketertarikkan pada pelajaran yang dan menjalin hubungan baik terhadap guru (Pengajar) sehingga akan terjadi hubungan aktif 2 arah yang terbangun antara guru dan murid.



2 komentar:

  1. Salah satu faktor pendorong minat belajar anak, tersedianya fasilitas yg menunjang si anak untuk belajar

    BalasHapus
  2. betul sekali, itu merupakkan salah satu faktor pendukung dalam menumbuhkan minat belajar anak..

    BalasHapus

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

ARTIKEL YANG LAIN