Rabu, 23 Januari 2013

Pengaruh Budaya jawa di Indonesia


Budaya jawa merupakkan salah satu tradisi yang sejak lama ada dan telah mengakar kuat dalam masyarakat jawa, sehingga membentuk sebuah budaya. Jawa sendiri merupakkan salah satu daerah atau wilayah yang ada di Iindonesia, di jawa dikenal dengan kerahmahtamahan masyarakatnya serta sifat gotong royong yang sudah melekat pada individu masyarakatnya. Selain itu di jawa juga di kenal dengan kekayaan kesenianya seperti wayang kulit, tari jaipong dan yang tidak kalah lagi adalah batik yang sekarang ini telah diakui sebagai salah satu warisan dunia. Itu suatu bukti bahwa budaya jawa telah menjadi salah satu ciri khas dari bangsa Indonesia, dan tidak bisa dipisahkan dengan negara Indonesia. Budaya yang ada di Indonesia tidak cuma berasal dari saja akan tetapi budaya jawa ikut mengenalkan Indonesia di dunia Internasional dengan kebudayaan jawa tersebut. Budaya jawa sendiri ada dengan unsur-unsur didalamnya seperti kepercayaan masyarakatnya atau sering disebut dengan istilah kejawen, bahasanya yang lebih dikenal dengan bahasa jowo,  dan model tulisanya yang sering kita sebut dengan nama hanacaraka. Itu adalah bagian-bagian dari budaya jawa tersebut yang masih banyak lagi, dalam tradisi jawa sendiri banyak mengandung pesan moral yang ingin disampaikan kepada orang lain itu seperti dalam pagelaran wayang yang dalam alur ceritanya tersebut mengandung pesan moral yang baik bagi para penontonnya tersebut. 

Di Indonesia sendiri budaya jawa sudah tidak asing lagi ini karena faktor keturunan anak jawa yang menjadi pejabat di pemerintahan Indonesia kebanyakkan adalah orang jawa dan bahkan seorang presidennya atau pemimpin negara itu juga masih keturunan jawa, yang secara tidak langsung ikut mengenalkan bahasa, dan tradisi-tradisi jawa yang di anutnya dari sejak kecil. Jawa sendiri masih memiliki banyak keanekaragaman yang ada didalamnya seperti :

  • Kejawen 
Kejawen merupakkan kepercayaan yang banyak dianut oleh orang jawa sebelum datangnya agama islam di pulau jawa. 

  • Bahasa Jawa
Bahasa yang di gunakkan oleh orang jawa adalah bahasa jawa, dimana fungsi dari bahasa tersebut adalah sebagai alat untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain.

  • Hanacaraka
Pada dasarnya orang jawa memiliki tulisan sendiri yang sering disebut dengan aksoro jowo atau hanacaraka, dimana tulisan ini dahulunya digunakkan oleh masyarakat jawa sebagai alat untuk membuat tulisan yang di pergunakkan dikalangan orang-orang jawa saja.  

itu merupakan contoh dari keanekaragaman yang ada di dalam budaya jawa yang masih melekat dalam masyarakatnya sehingga budaya tersebut akan tetap ada dan tumbuh dalam masyarakat jawa yang ada di Negara Indonesia ini, dan sebagai warga Indonesia kita di anjurkan untuk menjaga tradisi dan budaya yang ada di Indonesia, agar kelak budaya tersebut tidak hilang dan lenyap karena suatu bangsa tidak dapat tumbuh dan berkembang tanpa adanya budaya di dalam Negara tersebut. 


0 komentar:

Poskan Komentar

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

ARTIKEL YANG LAIN