Sedekah Laut (Nyadran)

Tradisi Lokal
Sedekah Laut-Tradisi ini dilakukan setahun sekali oleh masyarakat pesisir khususnya nelayan, ini dilaksanakkan sebagai rasa syukur atas hasil yang diperoleh nelayan dari menangkap ikan dilaut serta berdo’a agar hasilnya dalam menangkap ikan akan selalu melimpah dan diberi keselamatan ketika bekerja. Di lingkungan masyarakat nelayan tradisi ini selain dijadikan sebagai ritual upacara sedekah laut (Nyadran) biasanya dijadikkan pula sebagai sarana hiburan rakyat yang tentu saja dengan menamppilkan hiburan seperti : pagelayaran wayang, panggung hiburan musik atau juga pengajian akbar, dan yang ikut meramaikan juga bukan orang pesisir saja melainkan warga kampung sebelah atau warga pendatang yang sekedar ingin melihat prosesi reitual sedekah laut atau Cuma ingin melihat hiburan rakyat saja. Dalam prosesi sedekah laut ini ada saja pihak-pihak yang pintar melihat peluang pasar, sehingga pada saat pelaksaan sedekah laut ini dimanfaatkan oleh para pedagang yang mencoba keberuntungannya menjajakkan dagangannya. 

Dalam pelaksanaanya sedekah laut sendiri merupakan sebuah warisan tradisi yang telah berjalan puluhan tahun silam,  tradisi ini di laksanakan sebagai rasa syukur kepada Tuhan karena selama kurun waktu satu tahun telah diberi kelimpahan dalam mencari ikan dan diberi kesehatan dalam aktivitas mencari ikan dilaut, biasanya dalam lingkup keorganisasian para nelayan pelaksaan sedekah laut sendiri sudah di jadwalkan satu tahun sebelumnya sehingga dari segi pendanaan itu bersifat swadaya masyarakat sekitar pesisir. Tidak jarang juga pelaksanaan ritual sedekah laut di jadikkan ajang promosi oleh lingkungan pemerintah daerah sebagai salah satu daya tarik wisatawan lokal maupun asing yag ingin melihat tata cara pelaksanaan ritual sedekah laut tersebut, sehingga dalam segi pelaksanaan kurang dari 2 minggu kabar sedekah laut sudah menyebar ke penjuru daerah tersebut membuat pengunjung membanjiri tempat sedekah laut tersebut dlaksanakkan. Sebuah tradisi yang unik ini mempunyai karakter yang bersifat khusus yaitu tidak semua daerah dapat merayakkannya tetapi hanya dilaksanakan oleh daerah pesisir saja, maka demikian tradisi sedekah laut ini sangat mempunyai arti yang penting dikarenakkan menambah ke aneka ragaman budaya yang ada di Indonesia. 

Sedekah laut sendiri merupakkan tradisi peninggalan nenek moyang yang patut di lestarikkan dan dijaga, sehingga tradisi ini akan tetap ada sampai dengan generasi berikutnya karena apabila di cermati dan di pahami sedekah laut ini mempunyai arti makna yang dalam yaitu perwujudan syukur terhadap tuhan sehingga terjalin hungan baik yaitu antara Tuhan dan Hamba-Nya. Dan terselip pesan untuk selalu menjaga kelestarian alam guna mendapatkan hasil tangkapan ikan dengan maksimal, serta tidak menghancurkan habitat hidup ikan tanpa menggunakkan alat-alat yang bersifap merusak agar kelestarian ikan tetap terjaga. Itu pula harus ajarkan kepada anak-anak generasi mendatang, itulah makna terpenting dari sekedar tradisi sedekah laut yang mengarah kepada hiburan rakyat yang bersifat kegembiraan atas kelimpahan hasil tangkapan ikan yang banyak. 

8 Responses to "Sedekah Laut (Nyadran)"

  1. Terimakasih telah berpatisipasi di Vivalog. Jika Anda tak keberatan Anda bisa memasang Widget Kabar Populer dimana skripnya bisa didapatkan di VIVAlog.

    Terimakasih

    Nita Nurul Ayuningtyas
    nita.nurul@hotmail.com

    ReplyDelete
  2. Berbagi Kisah, Informasi Dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Mantap gan... pengunjug semakin meningkat...lama2 blog sampyan bisa menyaingi Inggris Anak milik Almusto heheheh

    ReplyDelete
  4. saya suka sekali acara budaya seperti ini, nanti klo ada lagi bisa kontak saya mas biar saya datang hehe

    ReplyDelete
  5. Ok Sob, tggu aja update terbarunya...

    ReplyDelete

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel