Sistem Pendidikan Industri di Indonesia


anak kecil

Sistem Pendidikan Industri di Indonesia-Sistem Pendidikan di Indonesia kerap kali dikaitkan dengan peringkat posisi pendidikan indonesia di kancah dunia, yang saat ini Indonesia menempati posisi ke-69 lebih bagus dari Philipina, Kamboja, India dan Laos. Akan tetapi posisi negara tetangga kita yaitu Malaysia jauh lebih baik yakni menempati peringkat ke-65, semantara itu peringkat terbaik se Asia di duduki oleh negara Jepang dan Brunnei Darussalam. Penilaian peringkat tersebut diambil dari penghargaan suatu negara terhadap seorang guru sehingga guru dapat fokus dalam memaksimalkan pembelajaran guna mencapai kualitas prestasi belajar anak. Saat ini pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah bahkan merosot tajam sehingga mempengaruhi daya saing anak di tingkat Internasional, tetapi sebenarnya kemapuan anak-anak diseluruh dunia itu sama tidak mempunyai perbedaan Cuma dalam hal sistem dan metode kadang yang berperan sehingga mempengaruhi kualitas anak. Proses itulah yang harus di perhatikkan dan diperbaiki agar anak-anak mampu untuk bersaing di kancah Internasional. Proses pendidikan di Indonesia sendiri menggunakkan kurikulum yang telah ditentukan oleh pemerintah sehingga di Indonesia semua kebijakan yang berkaitan dengan pendidikan ada di tangan pemerintah pusat. Hal itu baik tetapi akan menyempitkan kreativitas sekolah yang mempunyai pandangan untuk mengembangkan kualitas pengetahuan dari segi penelitian guna mengajarkan kepada siswa yang tentu saja akan memakan banyak anggaran yang besumber dari pemerintah pusat. Tetapi beda halnya apabila sebuah instansi pendidikan melakukan sebuah penelitian yang ditujukkan kepada pengajaran pengetahuan kepada siswa dimana anggaran untuk melakukan penelitian tersebut di dukung oleh pihak swasta dan tentu saja hasilnya akan jauh berbeda. 

Sistem Pendidikan model Industri di Indonesia sebenarnya sudah sejak lama dilakukan, tetapi pada prakteknya tidak terapkan. Sistem Pendidikan yang ada di Indonesia jika diamati mirip dengan sebuah proses industrial yaitu sama-sama melakukkan sebuah proses pembentukkan produk yang berkualitas sehingga pada waktu pemasaran akan diminati oleh konsumen tanpa harus melaukan promosi, sama halnya dengan sistem pendidikan di Indonesia. Secara tidak langsung sebuah lembaga pendidikan seperti sekolah itu adalah melakukkan sebuah proses produksi yang memerlukkan waktu sesuai dengan jenjang sekolah atau tingkatan yang ditempuh dan pada waktu proses tersebut. Sebuah lembaga pendidikan itu mempunyai metode dan sistem pembelajaran tersendiri dengan memiliki tujuan agar proses produksi dapat mencetak kualitas lulusan yang memiliki prestasi dan di butuhkan oleh lembaga pendidikan yang ada di atasnya atau jenjang lanjutan, sehingga secara tidak langsung masing-masing sekolah tersebut akan terkonsentasi kepada proses pembelajaran yang sudah memiliki target dan tujuan supaya hasil dari proses belajar yang dilaksanakkan di lingkungan sekolah dapat mencetak hasil lulusan yang terbaik dan juga bisa masuk ke jenjang sekolah lanjutan yang terbaik pula. itu merupakkan bukti bahwa sistem pendidikan di Indonesia menggunakkan sistem produksi, tapi pada prakteknya tidak diterapkan pada dunia pendidikan di Indonesia, padahal apabila di Indonesia menerapkan atau mengadopsi sistem industri tersebut dapat meningkatkan kualitas belajar prestasi anak dikarenakkan masing-masing sekolah lebih terfokus kepada proses belajar sehingga dapat menciptakkan hasil lulusan yang berkualitas dan berprestasi sehingga anak dapat melanjutkan ke tingkat sekolah lanjutan yang berkualitas pula.

Sehingga sistem pendidikan di Indonesia masih harus diperbaiki agar  dalam proses belajar mengajar di lingkungan sekolah dapat terlaksana dan tercapai sesuai dengan apa yang di harapkan. Tetapi proses pendidikan yang ada di Indonesia diharapkan dapat menerapkan sistem Industri yang sebenarnya sudah lama terlaksana di Indonesia dan terbukti dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. 







2 comments:

Kawasan Industri said...

Kawasan industri di Indonesia juga salah satu yang perlu di perhatikan untuk mengembangkan sistem pendidikan industri di Indonesia. Bukan begitu min?

Semua Ada Disini said...

betul sob, tp pendidikan industri disini adalah kaitanya dengan sistem pendidikan di Indonesia yang tanpa disadari mengadopsi pendidikan yang berbasis Industri yang menitikberatkan kepada produk jual dan apabila di amati sangat kelihatan jelas,

makasih sudah berkunjung sob, salam kenal..

Post a Comment

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Sistem Pendidikan Industri di Indonesia