Mengenal ALIRAN PROGRESIFISME dalam Filsafat Pendidikan



Semua Ada Disini-Filsafat Pendidikan adalah filsafat yang diterapkan dalam dunia pendidikan. Hal ini mengandung pengertian bahwa filsafat pendidikan pada dasarnya menggunakan cara kerja filsafat dan akan menggunakan hasil-hasil kerja dari filsafat.

Dalam filsafat pendidikan akan kita temukan beberapa aliran seperti:  aliran Progresivisme, Esensialisme, Perenealisme, dan Rekontruksionisme.



A.      Aliran Progresifisme



1.    Latar Belakang Munculnya Aliran Progresifisme

Aliran ini muncul dan berkembang pada permulaan abad XX terutama di Amerika Serikat. Progresivisme lahir sebagai pembaharuan dalam dunia filsafat pendidikan terutama sebagai lawan terhadap kebijakan-kebijakan konvensional yang diwarisi dari abad XIX.

Disamping itu, ada pula pengaruh kebudayaan yang secara khusus ditulis oleh Brameld sebagai faktor kebudayaan yang berpengaruh atas perkembangan Progresivisme :

a.         Revolusi Industri

b.         Modern Science

c.         Perkembangan demokrasi ( Mohammad Noor Syam, 1988: 231-232)

Aliran Progresivisme biasanya dihubungkan dengan pandangan hidup yang mempunyai sifat-sifat fleksibel (tidak kaku, tidak menolak perubahan, tidak terikat oleh suatu doktrin tertentu) curious (ingin mengetahui, ingin menyelidiki), toleran dan open-minded (mempunyai hati terbuka).



Selengkapnya Silahkan Download disini



0 Response to "Mengenal ALIRAN PROGRESIFISME dalam Filsafat Pendidikan"

Post a Comment

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel