Perayaan Tahun baru Cina (Gong Xi Fa Cai)

Imlek

Semua Ada Disini-Setiap tahun baru tiba pasti membawa sebuah perubahan baik langkah baru, rencana baru dan semangat baru, begitu yang di alami oleh kaum tionghua (orang cina) di Indonesia yang pada tahun ini merayakan tahun baru cina (Gong Xi Fa Cai) yang disambut meriah dan penuh suka cita yang di pusatkan di tempat peribadatan mereka yang di sebut Wihara. Tahun baru cina (Gong Xi Fa Cai) ini menjadi ajang berkumpulnya masyarakat tionghua yang tentu saja menambah rasa persaudaraan di dalam kaum tersebut. maka dengan demikian perayaan tahun baru cina (Gong Xi Fa Cai) menjadi momen yang sangat di tunggu-tunggu.

    Masyarakat Indonesia sendiri telah menganggap bahwa kaum tionghua yang berada di lingkungan tempat tinggal mereka bukan sebagai orang lain atau kaum yang harus di hindari (di jauhi) akan tetapi sudah menyatu dalam lingungan masyarakat indonesia, maka dengan demikian perayaan tahun baru cina (Gong Xi Fa Cai) tersebut juga di sambut meriah oleh para orang-orang non tionghua terbukti dengan adanya ucapan selamat dari masyarakat serta adanya peran serta masyarakat yang menandakan bahwa tahun baru cina (Gong Xi Fa Cai) telah menjadi bagian dari perayaan masyarakat Indonesia.

    Perayaan tahun baru cina (Gong Xi Fa Cai) ini selain masyarakat tionghua juga ada masyarakat pribumi yang memanfaatkan perayaan tahun baru cina (Gong Xi Fa Cai) tersebut dengan menjual aksesoris yang berbau tradisi cina, seperti baju khas cina, lilin merah, serta kue keranjang yang menjadi makanan khas masyarakat tionghua ketika merayakan tahun baru cina (Gong Xi Fa Cai) sehingga perayaan tersebut juga membawa berkah tersendiri bagi para pedagang yang menjajakan daganganya. Sebenarnya tradisi perayaan tahun baru cina (Gong Xi Fa Cai) ini menjadi bukti bahwa di Indonesia telah tercipta kerukunan antar masyarakat yang tidak menilai dengan minoritas atau mayoritas suatu kaum tetapi lebih kpada menjaga kerukunan antar masyarakat.

    Keragaman masyarakat yang ada di Indonesia baik itu kaum tionghua ataupun kaum pribumi asli Indonesia menandakan bahwa kerukunan yang terbina antara ke dua belah pihak tersebut  sudah sangat baik, serta toleransi yang tercipta juga kelihatan yang di padukan dengan sosialisasi bermasyarakat. Maka dengan demikian tahun baru cina (Gong Xi Fa Cai) ini yang di rayakan oleh kaum tionghua ini setiap tahunya harus kita hormati karena negara kita penuh dengan kemajemukan etnis dan ras yang ada di lingkungan masyarakat kita.


0 Response to "Perayaan Tahun baru Cina (Gong Xi Fa Cai)"

Post a Comment

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel