Teknik belajar membaca anak


Membaca merupakkan sebuah alat komunikasi dengan orang lain melalui media tulisan yang cara menggunakkanya yaitu dengan cara membaca, membaca tidak muncul dengan sendirinya melainkan melalui teknik belajar membaca yang biasanya diajarkan dalam lingkungan sekolah yang di dapatkan pada tingkat atau kelas rendah seperti kelas 1 Sekolah Dasar. Selain belajar membaca yang diperoleh di lingkungan Sekolah juga dapat di pelajari dalam Bimbingan Belajar yang banyak terdapat di lingkungan sekitar tempat tinggal kita, dilihat dari fungsi dan kegunaanya membaca mempunyai peranan yang penting bagi seseorang dimana pada era informasi seperti sekarang ini membaca merupakkan dasar untuk mendapatkan informasi serta sebagai sarana berbagi informasi yang pada jaman sekarang serba menggunakkan media yang berkaitan teknologi terkini, dari media massa yang tengah tren sekarang ini seperti Surat Kabar, media Online juga, serta teknologi Handphone yang sudah memasyarakat di kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa dan orang tua. Dalam belajar membaca di butuhkan metode dan teknik yang tepat guna memudahkan dalam proses belajar membaca tersebut, agar mempermudah dan cepat mengerti serta memahami dalam pengenalan huruf yang biasanya berkaitan dalam KBM seperti kelas 1 di Sekolah Dasar. Dalam prakteknya di lapangan proses pembelajaran pengenalan huruf seharusnya di mulai sejak dalam lingkungan keluarga, seperti orang tua memberikan media berupa mainan yang berkaitan dengan proses pengenalan huruf tersebut, selain itu juga di luar dari proses pembekalan yang di berikan dalam lingkungan keluarga pengenalan huruf juga sudah di berikan dalam pendidikan tingkat Play Group dan Taman Kanak-Kanak yang di berikan dengan metode bermain anak.

Metode yang di terapkan dalam proses pengenalan dan belajar membaca anak yang dari masing-masing anak memiliki pola pemahaman sendiri-sendiri, maka di perlukan metode yang tepat  guna memudahkan anak dalam pemahaman membaca pada anak tersebut. maka di harapkan ketika anak dalam proses belajar membaca peran orang tua atau pendidik yang sedang mendampingi dalam proses tersebut tidak bosan serta jenuh ketika mengalami kesusahan dalam proses pemahaman dan penghafalan anak dengan huruf sehingga hasil yang di dapatkan anak dapat maksimal sesuai dengan yang di harapkan dan anak tidak merasa terbebani dengan penekanan dan sikap dari orang lain ataupun orang tua sendiri yang kadang merasa lelah karena anak tidak bisa dan lama dalam proses pengenalan huruf. Karena secara tidak langsung sikap yang menekan dan bersifat harus (memaksa) itu kadang membuat anak malah cenderung untuk tidak maksimal serta rasa ketakutan yang berdampak terhadap seperti malah membuat anak tidak memahami dan tentu saja membuat lama dalam proses pengenalan huruf pada anak. 

Dengan demikian dalam proses belajar membaca itu membutuhkan teknik serta metode yang tepa guna memudahkan dalam proses belajar membaca anak. Selain itu peran orang tua yang tidak terlalu menekan kepada anak agar yang bersangkutan (anak) tersebut cepat bisa membaca dan tentu saja sesuai dengan harapan orang tua serta pendidik yang mengajarkan ataupun yang mendamping dalam proses tersebut.






0 comments:

Post a Comment

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Teknik belajar membaca anak