Tip Menghindari, mencegah serta mengatasi Banjir


Semua Ada Disini-Ketika musim hujan datang, masalah yang kita temui bermacam-macam seperti rawan penyakit karena pergantian musim yang membuat tubuh akan mengalami penurunan daya tahan yang di sebabkan oleh pergantian musim yang belum menentu. disamping itu juga musim hujan rawan dengan bencana yang sering kita temui yaitu banjir, yang di sebabkan oleh kurangnya kesadaran manusia terhadap lingkungannya dan yang paling parah lagi ulah manusia karena keserakahanya serta demi kepentingan pribadinya dengan melakukan penebangan liar di hutan-hutan yang di gunakkan sebagai daerah resapan air tetapi demi kepentingan pribadi maka terjadilah penebangan liar (illegal logging). Sebelum hal itu terjadi alangkah baiknya kita siapkan diri guna sebagai antisipasi atau penanggulanga terhadap banjir, berikut ini tip menghindari banjir :

  • Rajinlah untuk membersihkan gorong-gorong saluran air yang terdapat di sekitar rumah tinggal kita.
  • Jangan membuang sampah di sungai dan di saluran air, alangkah baik dan bijak membuang sampah pada tempatnya.
  • Memberi kesadaran kepada orang-orang di sekitar kita akan pentingnya membersihkan saluran air di daerah tempat tinggal.
  • Membuat daerah resapan air sendiri dengan cara menanami rumput dan tumbuhan lain, serta menghindari pemasangan paving dan sejenisnya yang bersifat permanen.
  • Dan melakukan reboisasi (Penghijauan) di daerah yang rawan banjir.


Dengan fenomena yang terjadi akhir-akhir ini di kota besar seperti Ibu Kota Jakarta yang mengalami besar itu dampak dari sikap manusia yang tidak bersahabat dengan alam, dalam artian selalu mengeksplorasi sumber daya manusia yang padahal manusia sendiri mengetahui bahwa peran hutan bagi alam adalah sebagai penyeimbang agar terhindar dari gejolak alam yang terjadi dengan memalui bencana alam. 






0 comments:

Post a Comment

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Tip Menghindari, mencegah serta mengatasi Banjir