Mengenal Siklus Air


perputaran Air


Semua Ada Disini-Hujan merupakan salah satu bagia penting dari siklus air. Akibat panas matahari, air dilaut, sungai, danau, kolam, rawa, dan air bekas kebutuhan rumah tangga menguap. Uap air itu akan menggumpal di angkasa dan membentuk awan, Air turun kembali ke buli dalam bentuk hujan. Hujan dapat terjadi dalam dua bentuk, yaitu cair dan padat. Hujan cair atau hujan air banyak terjadi di daerah tropis, seringkali hujan di sertai angin yang kencang yang dapat merobohkan pohon dan bangunan, Hujan ini dinamakan dengan hujan badai. Sedangkan hujan padat dapat berwujud kristal es atau salju, hujan ini banyak terjadi di daerah yang mengenal empat musim. Di daerah itu, air akan membeku membentuk kristal es sebelum jatuh ke bumi.

                Setelah hujan di siang hari, biasanya akan muncul pelangi yang indah berwarna-warni. Pelangi ini terjadi karena sinar matahari diuraikan oleh partikel air menjadi warna merah, jingga, kuning, biru, nila, dan ungu. Sselain itu juga dapat di lihat pelangi pada saat sedang terjadi hujan. Untuk itu posisi kita harus berada di daerah bayangan hujan, yaitu daerah tidak hujan dan sinar mataharinya yang terang. Selain hujan yang terjadi secara normal (alami), juga  ada hujan buatan. Hujan ini di buat dengan menaburkan garam dan campuran tertentu ke awan. Sehingga proses tersebut terdapat muatan positif dan muatan negatif yang terdapat pada awan yang akan berpasangan dengan muatan awan, titik ini semakin lama akan membesar yang kemudian akan menurunkan hujan.

                Selain itu juga ada pencemaran lingkungan, yang sering di kenal dengan hujan asam. Pencemaran ini berasal dari pencemaran asap pabrik dan kendaraan bermotor, hujan ini kurang baik bagi kehidupan dan dapat menyebabkan musnahnya mahluk hidup yang lain. hujan asam ini menjadi berbahaya jika tertariknya logam yang beracun dari sedimen dan masuk ke dalam perairan, terutama adalah logam yang mengandung merkuri dan aluminium. Serta dampak atau akibat yang di timbulkan adalah mematikan hewan lain terutama ikan, burung pemangsa serangga air, dan lain-lain.




1 comments - Skip ke Kotak Komentar

waste water treatment indonesia said...

yang memang bahay ya itu gan soal logam beracun yg masuk ke dalam perairan karena logam megngadung merkur dan aluminium itu

Post a Comment

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Mengenal Siklus Air