Makalah tentang Ingatan (Memory)




Semua Ada Disini-Selamat Malam sobat, gimana kabarnya??? Semoga baik-baik saja dan selalu sehat, Amien. Hari ini saya ingin share tentang “Makalah Pengantar Psikologi” yang berjudul “Ingatan (Memory)”, seperti biasa file ini berformat Ms. Word sehingga sobat semua mudah dalam pengeditan isi makalah tersebut. Oke, langsung aja ini merupakan sebagian isi dari makalahnya untuk lebih lengkapnya silahkan download, semoga makalah yang saya share ini bermanfaat bagi teman-teman yang sedang membutuhkan  Amin ya Robbal Alamin. 

Segala macam belajar melibatkan ingatan. Jika kita tidak dapat mengingat apapun mengenai pengalaman kita, kita tidak akan dapat belajar apa-apa. Kehidupan hanya akan merupakan pengalaman sementara yang sedikit berkaitan antara satu dengan yang lain. Kita bahkan tidak dapat melakukan walau percakapan yang paling sederhana sekalipun. Untuk berkomunikasi kita harus mengingat pikiran yang akan kita ungkapkan dan pikiran yang baru disampaikan kepada kita. Tanpa ingatan kita tidak dapat merefleksikan diri kita sendiri, karena pemahaman diri tergantung pada suatu kesadaran yang berkesinambungan yang hanya dapat terlaksana dengan adanya ingatan. Pendeknya, bila kita memikirkan apa makna menjadi manusia, kita harus mengakui bahwa ingatan adaalah pusat segalanya. 1

Ingatan merupakan alih bahasa dari memory. Ingatan berhubungan dengan pengalaman-pengalaman yang telah lampau. Dengan adanya kemampuan mengingat pada manusia, hal ini menunjukkan bahwa manusia mampu menerima, menyimpan dan menimbulkan kembali pengalaman-pengalaman yang dialaminya. Apa yang telah pernah dialami oleh manusia tidak seluruhnya hilang, tetapi disimpan dalam jiwanya, dan apabila diperlukan hal-hal yang disimpan itu dapat ditimbulkan kembali dalam alam kesadaran. Tapi inipun tidak berarti bahwa semua yang pernah dialami itu akan tetap tinggal seluruhnya dalam ingatan dan dapat seluruhnya ditimbulkan kembali. Karena itu ingatan merupakan kemampuan yang terbatas.

            Dalam makalah ini akan dipaparkan mengenai pengaertian ingatan/memory, sifat-sifat ingatan/memory serta implementasi ingatan/memory dalam kaitannya dengan kegiatan KBM guru mengajar di kelas.

1. Rita L. Atkinson, dkk, Pengantar Psikologi Edisi kedelapan,Erlangga, Jakarta 1983, hal 341.







1 comments - Skip ke Kotak Komentar

anom said...

Nice info yang bagus dan membantu ,., ditunggu kunjungan baliknya .,

Post a Comment

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Makalah tentang Ingatan (Memory)