Makalah PSP ( Kelemahan dan kelebihan Guru dalam menyusun RPP dan Silabus )



Rpp dan Silabus


Semua Ada Disini-Selamat siang sobat blogger lama sekali tidak berjumpa dengan sobat-sobat semua dan kali ini saya menyempatkan diri untuk memposting sebuah Makalah PSP tentang “kelemahan dan kelebihan Guru dalam menyusun RPP dan Silabus”. Seperti Biasa makalah ini masih berformat Microsoft Word yang tentu saja dapat di edit sepuasnya, oke saya kira langsung saja tidak usah berpanjang lebar, dan semoga bermanfaat bagi sobat semua yang sedang membutuhkan.
1. Pengertian Silabus

Silabus dapat di definisikan sebagai “garis besar, ringkasan, ikhtisar atau pokok-pokok isi atau materi pelajaran” (Salim, 1987: 98). Istilah silabus digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari standarkompetensi dan kompetensi dasar yang ingin dicapai, dan pokok-pokok serta uraian materi yang perlu dipelajari siswa dalam rangka pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar.

Berdasarkan uraian tersebut dapat dinyatakan bahwa silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar kedalam materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompete[1]nsi untuk penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

2. Pengertian RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rancangan pembelajaran mata pelajaran per unit yang akan diterapkan guru dalam pembelajaran di kelas. Berdasarkan RPP inilah seorang guru (baik yang menyusun RPP itu sendiri maupun yang bukan) diharapkan bisa menerapkanpembelajaran secara terprogram. Oleh karena itu, RPP harus mempunyai daya terap (aplicable) yang tinggi. Pada sisi lain, melalui RPP pun dapat diketahui kadar kemampuan guru dalam menjalankan profesinya.[2]






0 comments:

Post a Comment

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Makalah PSP ( Kelemahan dan kelebihan Guru dalam menyusun RPP dan Silabus )