Peran Souvenir Pernikahan dalam Perkawinan

Semua Ada Disini. Souvenir pernikahan begitu penting dalam acara sebuah prosesi perkawinan di jaman sekarang, jadi tak begitu mengherankan semakin menjamurnya orang yang menyediakan jasa pembuatan souvenir pernikahan. Di lihat dari fungsi dari sebuah souvenir pernikahan tidak begitu utama dalam pekawinan tapi sekarang setiap ada prosesi pernikahan bisa di pastikan ada sebuah suovenir, banyak sekali yang menganggap bahwa souvenir menjadi salah satu tanda cinta dari pasangan kedua mempelai yang ingin di bagikan kepada para pengunjung, sahabat dan keluarga sebagai tanda kebahagiaan mempelai pengantin tersebut. Dari situ posisi souvenir menjadi hal mutlak yang harus ada dalam sebuah perkawinan. Berkesan bagi para pengunjung yang datang ke sebuah pernikahan karena mereka akan selalu ingat kebahagiaan pengantin dari souvenir yang mereka peroleh, sebab di souvenir tersebut terdapat tulisan nama kedua pasangan pengantin dan hari, tanggal pernikahan tersebut. Mereka akan selalu ingat proses tersebut dari sebuah souvenir pernikahan, jadi dari situ usaha para pembuat atau juga penjual souvenir banyak menjamur baik di tingkat daerah dan perkotaan, dari yang harga murah sampai harga yang paling mahal, dari souvenir yang simple sampai dengan souvenir pernikahan yang menggunakan barang elektronik.

Kalau di telisik lagi dari sebuah pernikahan, souvenir memang tidak terdapat di dalam syarat atau kelengkapan dalam sebuah proses perkawinan. Sebagaimana kita tahu bahwa pernikahan adalah bersatunya dua insan manusia yang mengikat janji suci antar pasangan dalam sebuah perkawinan yang di sahkan oleh agama maupun negara, maka dari itu prosesi pernikahan bersifat sakral atau suci dan berangkat dari kesakralan tersebut dari pihak mempelai ingin membuat proses pernikahan itu berkesan serta ingin selalu di ingat oleh orang-orang sekitar mereka dengan memberikan sebuah souvenir pernikahan. Tapi yang terjadi di jaman sekarang ini souvenir pernikahan sudah tidak sesuai dari tujuan awal yaitu berbagi kebahagiaan kepada orang-orang sekitar tapi malah ke arah tingkat kemampuan dari keluarga mempelai tersebut, jadi bisa di katakan semakin kaya keluarga yang melakukan pernikahan semakin mewah juga souvenir yang mereka bagikan kepada para pengunjung yang datang ke perkawinan tersebut. Juga sebaliknya keluarga yang sederhana atau biasa yang melakukan prosesi perkawinan semakin sederhana juga souvenir yang mereka bagikan karena dapat dilihat dari pendapatan atau taraf hidup keluarga tersebut.


Jadi bisa disimpulkan, proses pernikahan itu sangatlah murah dan mudah karena yang terpenting adalah penghulu dan wali dari kedua mempelai serta lain sebagainya yang menjadi syarat mutlah, Cuma dari pihak keluarga mempelai yang membuat proses pernikahan itu menjadi sangatlah rumit dan berbelit-belit dan tentu saja perbedaan budaya serta adat daerah jika sepasang pengantin tersebut berasal dari daerah yang berbeda. Dari kebiasaan yang terjadi menjadikan peran souvenir begitu penting dalam sebuah prosesi pernikahan dan apabila kebiasaan tersebut sudah melekat erat di masyarakat kita di takutkan souvenir pernikahan akan menjadi sebuah syarat penting dalam sebuah pernikahan serta menjadi budaya danadat dalam sebuah prosesi pernikahan, padahal dari para leluhur kita jaman dahulu tidak mengajarkan untuk memberikan souvenir pernikahan di sebuah pernikahan. Jadi kita sebagai masyarakat harus pandai dan bijak dalam memposisikan sebuah souvenir pernikahan di dalam sebuah pernikahan, jangan mengikuti budaya souvenir pernikahan apabila tidak mengetahui arti dari souvernir pernikahan tersebut.




3 comments:

Souvenir Perusahaan Keren said...

betul itu gan. Souvenir pernikahan itu penting bagi para tamu Anda yang datang. Karena souvenir yang Anda berikan itu mengingatkan mereka akan pernikahan Anda. Begitu juga souvenir bagi perusahaan, mengingatkan Anda akan perusahaan yang memberikan souvenir itu kepada Anda. Artikel yang bagus gan!

Merchandise dan Souvenir Pernikahan Menarik said...

Penting itu souvenir pernikahan ketika ada pasangan menikah. Itu kan sebagai tanda mata yang membuat teman kalian mengingat pernikahan kalian. Bisa dibilang souvenir seperti ini penting. Tidak harus mewah, asalkan bisa membuat teman atau sahabat kalian mengingat pesta pernikahan Anda.

Kue Pernikahan Jakarta said...

Sebenernya selain souvenir pernikahan, yang penting dalam suatu proses pernikahan itu kue pernikahan gan hahaha sekarang prosesi pemotongan kue di setiap upacara pernikahan sudah banyak dan ditunggu banyak orang. Tidak menutup kemungkinan juga kalau souvenir pernikahan juga memegang peran penting. Karena dengan souvenir pernikahan unik dan kue pernikahan yang cantik, pernikahan pasangan tersebut akan dikenang hehehe just my humble opinion :)

Post a Comment

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Peran Souvenir Pernikahan dalam Perkawinan