Menakutkan atau menyenangkan Ujian Nasional / UN Sekolah


Semua Ada Disini-di Indonesia masih menggunakkan sistem ujian nasional/un sebaga tolak ukur berprestasi atau tidak seorang siswa, dalam kurun waktu kurang lebih 3 tahun masa pendidikan tingkat SLTP/SLTA hanya di tentukan oleh ujian nasinal/un yang dilaksanakan 3 hari untuk menentukan hasil prestasi mereka. maksud dan tujuan pemerintah menerapkan sistem ujian nasional/un itu sebenarnya baik,karena jika dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara khususnya dalam hal pendidikan Indonesia masih tergolongan rendah, Standar kelulusan belajar jauh di atas negara kita. Maka dari itu pemerintah selalu menerapkan ujian nasional/un di tingkatkan standar penilianya untuk dapat bersaing dengan negara-negara di Asia Tenggara.

Di sisi lain, khususnya bagi siswa SLTP/SLTA kelas 3 harap-harap cemas dalam menghadapi ujian nasional/un dikarenakan mereka takut seandainya tidak lolos dalam nilai standar ujian nasional/un sehingga mereka di anjurkan untuk mengulang kembali tahun depan yang di pastikan tidak lulus. Seharusnya hal tersebut tidak boleh terjadi sebab dalam mengerjakan ujian seharusnya kondisi siswa haruslah dalam keadaan tenang dan tidak tertekan supaya dalam proses pengerjaan ujian siswa dapat berfikir dengan tenang, tapi sayangnya biasanya sebelum menghadapi ujian nasional/un sudah pesimis duluan. Dan kerap timbul pertanyaan seperti ini, bisa atau tidak? Lulus atau tidak? Dll. Sehingga sekolah sering membantu siswa-siswanya dengan mengadakan tambahan pelajaran di khususkan untuk kelas 3 yang meliputi pelajaran yang du UN kan. Dan tidak jarang pula sekolah mengadakan ISTIQOSYAH bersama dengan cara berdo’a bersama, meminta do’a para guru serta do’a orang tua.

Sebetulnya hal itu dapat di hindari, apabila siswa tersebut sudah mempersiapkan jauh-jauh hari dengan rajin belajar, tidak perlu lama-lama dan berjam-jam dalam belajar yang terpenting adalah rutin. Itulah kunci dalam belajar yang intensif, tapi terkadang hal itu kerap di remehkan oleh para siswa, dan sering menganggap gampang. Padahal setiap hal yang di anggap remeh dan tidak disiapkan dengan matang akibatnya akan fatal dan yang paling buruk adalah kegagalan, maka dari itu dalam mempersiapkan ujian nasional/un  kita mulai dari sekarang harus mulai sering belajar tidak perlu berlama-lama yang penting rutin, agar apa yang diharapkan akan berjalan sesuai rencana dan berhasil dengan nilai yang memuaskan.

Lain halnya dengan dengan sebagian orang tua yang membantu anak-anaknya dalam persiapan menghapi ujian nasional/un dengan cara memasukan mereka ke lembaga pendidikan yang sudah banyak sekali di sekitar kita, misalnya seperti : Ganesha Operation, Primagama, dll. Yang biasanya banyak di serbu oleh para siswa-siswa yang akan mengahapi ujian nasional. Lembaga pendidikan tersebut memang bagus dan sangat efektif tapi selain usaha dalam mempersiapkan ujian nasional/un bagaimanapun caranya, janganlah lupa usaha yang dilakukan haruslah di barengi dengan do’a kepada Allah SWT. 




0 comments:

Post a Comment

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Next Older Post
Menakutkan atau menyenangkan Ujian Nasional / UN Sekolah