Menarik dan unik melihat ikan tidur



Cara tidur ikan yang seluruhnya di habiskan di dalam air sangatlah menarik. Mamalia laut mempunyai cara tidur yang berbeda-beda, terkadang tidur dengan posisi tidur horizontal, terkadang juga vertikal. Jika ada pasangan atau anaknya, dia akan tidur disampingnya sambil berenang pelan-pelan. Ketika ikan tidur dengan sambil berenang, mereka hanya seperti dalam kondisi tidur-tiduran . Lumba-lumba  jantan dewasa biasanya berkeliling dengan pasanganya dan tidur bersebelahan. Sedangkan lumba-lumba betina muda berkeliling dengan kelompok yang besar. Di tempat yang luas merekaberistirahat atau berenang sambil tidur berpasangan. 

Hal yang paling menarik tentang makhluk ini ialah ketika tidur separuh otaknya tidur dan mata yang berlawanan dengan otak yang tidur juga tidak bekerja. Ketika separuh otaknya tidur, separuh otak yang lainya terjaga dengan tingkat kesadaran yang rendah. separuh otak yang terjaga berfungsi sebagai penjaga dari pemburu, rintangan, dan hewan pengganggu lainya.

Begitu juga dengan sinyal untuk segera mengambil oksigen segar, diperintahkan dari separuh otak yang terjaga. Kurang lebih dua jam kemudian, proses tidur ini akan berbalik fungsi, yaitu otak yang sebelumnya tidur akan terjaga dan sebaliknya separuh otak yang terjaga akan tidur.

Pada malam hari, biasanya lumba-lumba hanya beberapa saat saja. Ketika larut malam mereka akan terbangun dan pada saat bangun mereka akan berburu ikan-ikan serta gurita-gurita di laut dalam.




0 comments:

Post a Comment

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Menarik dan unik melihat ikan tidur