Pendidikan Moral Usia Dini

Pendidikan Usia Dini
        Pendidikan Moral Usia Dini merupakkan sesuatu yang sangat vital terutama untuk pembentukkan perilaku anak diusia dewasa, maka di usia dini inilah dasar pembentukkan perilaku anak perlu di pehatikkan. Pembimbingan dan teladan dari sosok orang tua merupakkan cara paling efektif bagi anak di usia dini, karena dilihat dari faktor kedekatan dan ketergantungan anak salah satu cara untuk memberikan contoh yang bertujuan agar anak mengikuti perilaku tersebut, karena pada dasarnya anak usia dini mempunyai kecenderungan ssebagai ‘Peniru’ dari apa yang lihatnya. Dari segi itulah pembentukkan moral anak di mulai dari lingkungan keluarga yang memiliki peran yang sangat vital. Sebagai orang tua alangkah baiknya jika anak yang masih dalam usia dini perlu untuk di kenalkan dengan kebiasaan yang baik, sepert : di latih dengan selalu menggunakkan Bahasa yang sopan, di kenalkan dengan tata cara beribadah, pergi ke masjid dll.

Selain pendidikan moral yang mulai dibekali dalam lingkungan keluarga juga perlu adanya keseimbangan yaitu dengan mengenalkan lingkungan sekitar yang tetap dalam pelaksaannya selalu didampingi oleh orang tua agar perkembangan dan kegiatannya selalu dalam perhatia orang tua, secara tidak langsung proses pengenalan terhadap lingkungan sekitar membuat anak akan selalu membandingkan antara kebiasaan yang diterapkan di lingkungan keluarga dengan perilaku teman-temanya di lingkungan sekitar, disitu peran orang tua menjadi jembatan antara anak dan lingkungan sekitar dengan seringnya pertanyaan yang di ajukkan oleh anak kepada orang tua, kenapa, kok bisa, dan bagaimana pertanyaan seperti itu yang sering di terima oleh orang tua, karena seorang teman mempunyai latar belakang sendiri tentu saja tidak lepas dari pendidikan moral tua tuanya.

Usia dini erat hubungannya dengan dunia bermain, maka sebaiknya orang tua melakukan pendidikan moral disini yaitu dengan memberikan mainan yang berhungan dengan moral dan etika yang baik, serta perilaku juga harus selalua di diperkenalkan kepada anak. Dari mainan yang ada kaitanya dengan moral seperti dari segi agama mainan puzzle yang membentuk tulisan Asma Allah SWT dan masih banyak lagi. Dari segi bemain saja bisa kita arahkan anak menuju pembentukkan moral yang baik, melalui permainan anak lebih cenderung menerima pola pendidikan moral karena pada dasarnya usia dini gemar bermain. 

Dalam Usia Dini anak sebaiknya dilatih dengan sikap disiplin, dengan pengenalan disiplin anak belajar mengatur dirinya sendiri, pada awalnya anak akan megalami berat dan sulit tapi pada akhirnya disiplin ini akan membantu dia pada waktu dewasa, dan mengerti apa yang harus dia lakukan serta akan muncul sikap kemandirian.







1 comments - Skip ke Kotak Komentar

HS said...

halo sobat bloger ada info blogkontes bank mandiri: Memilih bank menentukan masa depan bersama bank mandiri

Post a Comment

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Pendidikan Moral Usia Dini