Warisan Tradisi Lokal di Indonesia

Warisan Budaya

Warisan Tradisi Lokal-Indonesia merupakkan sebuah negara kepulauan yang terdiri dari banyak pulau, sehingga menciptakkan keaneka ragaman suku, bahasa dan tradisi yang berbeda-beda. Tercermin dari tradisi yang ada di masyarakatnya sehinggga membuat indonesia kaya akan budaya yang berkembang di masing-masing daerah dan wilayah. Selain dari keberagaman etnis yang ada di dalamnya, Indonesa juga mempunyai keindahan alam yang menakjubkan dari proses alam sehingga membentuk keindahan yang menonjokan faktor alaminya. Sedangkan tradisi lokal merupakan sebuah rutinitas budaya yang dilakukan oleh suatu daerah secara turun-temurun sehingga membentuk suatu tradisi oleh masyarakat tersebut, banyak sekali tradisi-tradisi yang ada di wilayah Indonesia yang tentu saja mencerminkan daerah atau wilaya tersebut. secara tidak langsung sebuah tradisi itu merupakkan identitas sebuah daerah dan menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun asing. Sebuah daerah dengan menjungjung tinggi tradisi daerahnya secara tidak langsung akan berimbas kepada ketentraman dan kenyamanan masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. sehingga terhindar dari perselisihan walaupun di dalam masyaraktnya terdapat perbedaan kepercayaan, akan tetapi itu disatukan oleh tradisi lokal yang ada di masyarakat tersebut.

Kecenderungan masyarakat akan sebuah tradisi ini terlihat ketika proses bermasyarakat, di Indonesia masyarakatnya di nilai selalu mengedepankan tradisi daerahnya, seperti ketika terjadi prosesi pernikahan kebanyakaan orang menggunakkan identitas daerahnya dengan mengenakkan pakaian adat masing-masing yang tentu saja itu menggambarkan ciri khusus asal daerah yang sedang melakukan upacara pernikahan, dan banyak lagi. Di lingkungan masyarakat tradisi ini masih terjaga dengan baik karena faktor kebanggaan masyarakat akan tradisi yang mereka miliki, sehingga akan tetap mereka jaga dan di lestarikkan kepada anak-cucu keturunan mereka. Faktor itu yang menjadi pengaruh kuat mengenai kelestarian tradisi masing-masing daerah di Indonesia. Selain faktor kebanggaan akan daerah asalnya, faktor tradisi yang telah melekat kuat kepada masyarakatnya juga ikut berpengaruh dalam proses kecintaan akan tridisi yang telah ada di dalam lingkungan masyarakat itu.

Di era informasi yang berkembang dengan cepat tanpa bisa di bendung itu berimbas ke sagala bidang tak terkecuali tradisi yang sudah menjadi ciri khas dari sebuah daerah dan menjadi karakter bangsa ini terancam dengan informaasi yang terus masuk ke dalam pola pikir dan moral anak bangsa Indonesia, yang tentu saja akan berakibat kepada pergeseran tradisi yang ada di masing-masing daerah di Indonesia, apabila kemajuan di era informasi ini tidak bisa di filter dengan baik niscaya dapat melunturkan tradisi di masyarakat kita, karena Informasi tersebut berasal dari tradisi dan budaya yang berbeda dengan kita.

Peran kita sebagai penerus tradisi yang di lestarikan oleh nenek moyang kita dahulu harus di jaga dengan cara melanjutkan dan tidak mengubah akar tradisi yang sudah tertanam dalam kebudayaan daerah di Indonesia, serta sebagai generasi penerus secara tidak langsung kita sudah diberi tanggung jawab untuk melestarikan kepada anak-anak kita di masa mendatang, karena suatu daerah akan memiliki kebanggaan dan ciri khusus dengan mempunyai tradisi yang akan menunjukkan identitas suatu daerah. Tradisi daerah kita siapa lagi yang akan melestarikkan kecuali putra-putri daerah. 






2 comments:

Dian lestari said...

Terimakasih telah berpartisipasi di VIVAlog, jika Anda tidak keberatan Anda bisa memasang widget Kabar Terpopuler di Blog Anda, dimana skripnya sudah tersedia di VIVAlog.

terimakasih

kami tunggu

semua ada disini said...

terima kasih

Post a Comment

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Warisan Tradisi Lokal di Indonesia