Sejarah Kebudayaan Islam



Semua Ada Disini-membahas tentang Kebudayaan adalah hasil dari kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia, seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat. Dengan demikian Kebudayaan Islam adalah kebudaayan masyarakat yang menganut agama islam. Oleh karena itu, sejarah kebudayaan islam di Jazirah Arab mulai muncul setelah Nabi Muhammad saw diangkat menjadi Rosul. Sebelum Islam lahir, masyarakat Arab sudah mempunyai kebudayaan. Contohnya, kebudayaan nomaden atau hidup secara berpindah-pindah.

Kebudayaan orang Arab baru mendapat pengakuan dan memegang peranan yang sangat penting dalam kebudayaan dunia setelah Islam lahir. Denga demikian, dapat dipahami bahwa Agama Islam menjadi faktor utama yang membuat kebudayaan Arab diakui Dunia. Dengan Agama Islam, orang-orang Arab berubah mnjadi penakluk di seluruh Jazirah Arab. Menurut Ibnu Khaldun, sesungguhnya orang Arab tidak pantas memegang kekuasaan, kecuali jika kekuasaan itu bercorak agama atau berdasarkan Agama. 

Di sekitar Jazirah Arab sudah terdapat kebudayaan-kebudayaan yang jauh lebih maju, seperti kebudayaan Asyiria, Kanaan, Saba’ dan Samud sebelum Islam lahir. Kebudayaan-kebudayaan itu tumbuh dan berkembang dari kebudayaan sebelumnya, seperti kebudayaan Yunani dan kebudayaan Mesir kuno. Tetapi, kebudayaan Islam lahir tanpa pengaruh kebudayaan yang ada sebelumnya serta penaklukan kaum muslimin terhadap wilayah lain turut mempengaruhi kebudayaan Islam.





0 comments:

Post a Comment

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Sejarah Kebudayaan Islam