Mengenal arti kata pendidik (Guru) di dunia pendidikan



Semua Ada Disini-Dari segi bahasa, pendidik adalah orang yang memberi pendidikan (pengajar). Sehingga pendidik adalah orang yang melakukan kegiatan dalam bidang mendidik. Sedangkan dalam bahasa inggris pendidikan di terjemahkan teacher, yang berarti guru atau pengajar dan tutor yang berarti guru private atau guru yang mengajar di rumah. Adapun dalam bahasa arab adalah Ustadz, mudarris, mu’allim, dan mu’addib. Kata tersebut mengacu kepada kata pendidik, karena kata itu mengarah kepada seseorang yang memberikan pengetahuan, ketrampilan, atau pengalaman kepada orang lain. bervariasi kata yang di gunakkan untuk menunjukkan perbedaan gerak serta tempat dalam memberikan pengetahuan dan ketrampilan.

                Adapun pengertian pendidik menurut istilah telah banyak di rumuskan oleh para ahli pendidikan, menurut Sutari Imam Barnadib pendidik adalah orang yang dengan sengaja mempengruhi orang lain untuk mencapai kedewasaan, lain halnya menurut Ahmad Tafsir menyatakan bahwa pendidik adalah siapa saja yang bertanggung jawab terhadap perkembangan peserta didik. Maka secara umum pendidik adalah orang yang memikul pertanggung jawaban untuk mendidik, sedangkan secara khusus pendidik dalam perspektif islam adalah orang-orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan peserta didik, baik potensi kognitif, afektif maupun psikomotorik yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran islam.

                Dengan demikian pendidik dapat di pahami sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap upaya perkembangan jasmani dan rohani peserta didik agar mencapai tingkat kedewasaan sehingga mampu menunaikan tugas-tugas kemanusiaanya sesuai dengan nilai-nilai ajaran islam. Oleh karena itu, pendidik dalam kontek ini tidak hanya sebatas pada orang-orang yang bertugas di sekolah saja, tetapi setiap orang yang terlibat dalam proses pendidikan anak mulai sejak kandungan hingga dewasa, bahkan sampai meninggal dunia. Adapun pendidik dalam kaitannya dengan pendidikan terhadap orang lain pada garis besarnya dapat di kategorikan ke dalam orang tua, guru dan masyarakat.

  • Orang Tua

Orang tua merupakan pendidik yang utama dan pertama bagi seorang anak. Karena dari merekalah anak mula-mula menerima pendidikan. Di dalam lingkungan keluarga dalam pertumbuhan psikis dan fisiknya sangat membutuhkan bimbingan dari orang tua.

  • Guru

Sejalan dengan tuntutan kbutuhan manusia dan pekerjaan, maka orang tua tidak bisa bertanggung jawab sepenihnya terhadap pendidikan anak. Karena itulah orang tua melimpahkan sebagian tanggung jawabnya kepada orang lain, dalam hal ini adalah guru.

  • Masyarakat

Masyarakat turut serta dalam memikul tanggung jawab pendidikan. Karena itulah pendidikan dalam Islam merupakan tanggung jawab bersama dengan setiap anggota masyarakat, bukan tanggung jawab individu tertentu. Sebab, masyarakat adalah kumpulan-kumpulan individu yang menjalin satu kesatuan.  




1 comments - Skip ke Kotak Komentar

Anom said...

Terimakasi banya untuk infonya, senang saya berkunjung ke blog anda untuk melihat beberapa artikel anda. Salam bogging.

Post a Comment

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Mengenal arti kata pendidik (Guru) di dunia pendidikan