Minggu, 21 April 2013

Budi Pekerti Anak


Semua Ada Disini-Pada dasarnya anak itu polos belum mengerti baik dan buruk yang dilakukanya yang terpikirkan cuma bermain dan bergembira saja, karena hal tersebut merupakan dunia anak-anak. Sebenarnya anak dalam proses bermain tersebut juga sedang melakukan pembelajaran yang bersifat non formal, yaitu bergaul dengan teman sebaya anak itu. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Budi Pekerti anak tidak hanya di pengaruhi atau juga di ajarkan dalam lingkungan sekolah saja melainkan juga dalam lingkungan pergaulan serta masyarakat turut membentuk kepribadian anak yang akan berdampak pada Budi Pekerti anak tersebut. Memang Budi Pekerti sangat di pengaruhi oleh pendidikan, semisal anak-anak yang mengenyam pendidikan (bersekolah) lebih mengetahui cara menghormati orang tua, bersikap sopan santun serta memiliki tata krama yang lebih baik di bandingkan dengan anak-anak yang tidak mengenyam pendidikan (bersekolah).

                Di dunia Pendidikan peran guru sangat penting karena memiliki tugas membentuk budi pekerti anak seperti mencontohkan sikap sopan santun, bertata krama serta menghormati orang tua kepada anak didiknya di sekolah. Maka dari situlah seorang guru sangat amat berpengaruh terhadap anak, seorang guru yang baik di harapkan mengerti serta mampu memberi teladan yang baik mengenai tata cara bersikap dan bertata krama yang baik karena  dari seorang anak-anak akan lebih cenderung untuk menirukan tindakan gurunya yang apabila guru tersebut tidak mampu memberikan teladan kepada anak didiknya di kwatirkan akan berakibat kepada budi bekerti anak tersebut yang akan terbawa di masa depan anak tersebut.

                peran guru cuma efektif di lingkungan sekolah saja dalam mendidik serta mengarahkan siswanya (anak didik), di karenakan keberadaan anak lebih banyak berada di lingkungan keluarga serta lingkungan masyarakat sehingga peran guru harus di ambil alih oleh orang tua dalam memberikan keteladanan mengenai Budi pekerti yang baik sehingga anak-anak dapat menirukannya. Maka perlu di perhatikan sikap serta tingkah laku orang tua harus lebih berhati-hati terutama di hadapan anak-anaknya karena di kwatirkan anak-anak akan menirunya, selain di lingkungan keluarga juga pengaruh di lingkungan pergaulan anak-anak perlu di pantau karena apabila anak-anak salah dalam memilih teman akan mempengaruhi tingkah laku serta sikap mereka yang akan terbawa kepada kecenderungan Budi pekerti anak tersebut.


                Selain hal-hal di atas yang turut mempengaruhi serta membentuk Budi pekerti anak juga ada faktor yang lebih penting lagi yaitu agama karena faktor tersebut lebih mengarah kepada bagaimana berakhlaq mulia yang berkaitan dengan sikap dan tingkah laku serta menghormati orang tua, maka agama memiliki peran yang penting dalam pembentukan Budi pekerti anak. Dalam tuntunannya agama lebih mengacu kepada bagaimana cara mendidik anak yang baik yang tentu saja akan kelihatan berbeda dengan anak yang tidak pernah di didik dengan landasan agama. 

2 komentar:

  1. Benar gan paktor budi pekerti anak sangatlah perlu diterapkan sejak dini karna ini penting untuk seorang anak untuk memiliki sipat sopan santun nantinya.

    nice ni gan infonya.,

    BalasHapus
  2. budi pekerti mengakar dari pembiasaan kemudian membentuk watak, jadi dalam pembentukanya memerlukan pendampingan dan bimbingan orang tua, maksih sudah mampir sob..

    BalasHapus

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

ARTIKEL YANG LAIN