Anak Usia Dini


PAUD
Semua Ada Disini-Anak usia dini merupakan sebuah perilaku dimana psikologinya masih erat dengan dunia bermain, maka di usia seperti itu kecenderungannya dengan hal-hal yang bersifat keceriaan dan kegembiraan sangat besar. sekarang ini banyak sekali lembaga-lembaga yang menawarkan program asuh anak-anak dalam kategori usia dini (PAUD), dimana lembaga ini banyak sekali bermunculan diberbagai wilayah dan daerah. Diakui, memang anak-anak yang mengikuti pola pendidikan anak usia dini (PAUD) ketika masuk ke taman kanak-kanak kecenderungan menguasai materi seperti pengenalan angka, huruf bahkan menyanyi dasar dalam bahasa inggris lebih menguasai di bandingkan dengan anak yang tidak mengikuti program belajar PAUD, di lihat dari kecenderungan anak di usia dini lebih menyukai aktivitas yang berhubungan dengan kegembiraan dan permainan maka di program pendidikan usia dini ini menyelipkan pembelajaran pendidikan dalam permainan di lembaga tersebut. 

Mengingat pentingnya pembentukkan karakter di usia dini ini, maka pendidikan sangatlah dianjurkan mengapa demikian? Sebab ketika anak pada masa usia dini ini kecenderungan untuk membentuk karaktek masih sangat mudah yaitu dengan cara pembiasaan melalui teknik yang mereka paling sukai yaitu dengan permainan. Dari permainan itu diarahkan kepada pengenalan-pengenalan Norma-norma yang berlaku dimasyarakat,sebenarnya pendidikan di usia dini ditujukkan untuk perkembangan psikologi anak-anak tetapi yang terjadi di lingungan masyarakat kita pendidikan anak usia dini ini diarahkan untuk mempersiapkan anak pada jenjang pendidikan lanjutan sehingga dalam proses ini pembelajarannya agak sedikit memberatkan anak-anak karna dalam proses belajar mengajar anak sudah dibebankan kepada model belajar yang seharusnya belum waktunya untuk di berikan kepada anak usia dini.

Dalam dunia pedidikan, usia dini merupakkan faktor terpenting dalam pembentukkan karakter yang termasuk didalamnya perilaku, sopan santun dan etika moral. Dengan demikian peran orang tua sangat dianjurkan untuk ikut dalam proses pembentukkan karakter anak dikarenakkan selain di tempat mereka belajar ‘Sekolah’ keberadaan anak lebih cenderung dihabiskan dengan orang tua, sehingga secara tidak sadar pembentukkan karakter anak usia dini terbentuk dari lingkungan keluarga yaitu keberadaan orang tua yang sangat kental dalam mempengaruhi karakter anak. Itu merupakkan faktor dari lingkungan keluarga, tetapi selain itu juga ketika anak sedang berada di lingkungan sekolah (PAUD)akan mengalami menjumpai perbedaan karakter dari teman-temanya. dan perlu di ingat, disini walaupun intensitas pergaulan anak-anak ini singkat tetapi kecenderungan anak untuk meniru perilaku teman-temannya sangat besar sehingga efek yang akan diberikkan juga perlu di perhatikkan. Apakah pergaulannya dengan temannya memberikkan dampak positif atau negatif tentunya pengawasan orang tua yang akan berperan disini.

Sehingga anak usia dini ketika keberadaannya di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan berkumpul dengan teman sebayanya akan terhindar dari karakter lingkungan yang akan mempengaruhinya, karena pada dasarnya anak kecil merupakkan peniru yang hebat. Sehingga karakter anak yang sudah terbentuk baik akan menciptakkan kepribadian yang mulia kelak ketika anak sudah dewasa.




1 comments - Skip ke Kotak Komentar

asolihin skb said...

Pendidikan karakter untuk anak usia dini mutlak dilakukan, semoga kita semua menyadarinya akan hak-hak anak, makasih..titip ya gan...salam

Post a Comment

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Anak Usia Dini