Budaya Indonesia Sebagian Ciri Khas Bangsa

Cium Tangan Orang Tua


Semua Ada Disini-Budaya orang indonesia kental dengan ramah tamah, gotong royong, saling hormat menghormati dan bermusyarawarah itu kerap kali kita lihat dari budaya masyarakat indonesia. walaupun bangsa indonesia terdiri dari beberapa ras, budaya, serta tradisi masing masing yang sudah dipastikan berbeda. Negara indonesia dikenal dengan kemajemukkan suku dan bertoleransi tinggi, ini dibuktikan banyak sekali suku-suku yang ada di indonesia, seperti : Jawa, Sunda, Batak, Dayak, dll. Tetapi semua itu tidak menjadi suatu perbedaan yang menuju keperpecahan melainkan dengan perbedaan itu menciptakan sikap saling toleransi, dan kita lebih menghargai akan budaya daerah yang lain. Serta perbedaan itu telah di persatukkan oleh Bahasa Indonesia yang menjadi alat pemersatu suku-suku yang ada di indonesia ini.
                Di Indonesia sendiri budaya saling hormat-menghormati masih sangat kental, dapat di lihat dari perilaku budaya cium tangan anak kepada kedua orang tua ‘Salim’, serta budaya selalu menggunakkan tangan kanan ‘Jabat Tangan, Memberi Barang atau Menerima Sesuatu’. Itu merupakan sedikit dari banyaknya tradisi dan budaya bangsa indonesia yang sudah mengakar kuat kepada anak cucu kita. budaya Indonesia sangatlah beraneka ragam bahkan kaya, apabila kita berada di kota yang berbeda kita pasti juga akan menemukkan budaya yang berbeda pula.
                Dalam dunia pendidikan contohnya, budayanya sangat terasa antara guru dan murid. Terbukti dengan selalu mempertahanka budaya cium tangan yang dilakukan murid kepada bapak/ibu guru, kepatuhan seorang murid kepada guru, rasa sopan santun kepada guru, dll. Apabila dicermati dengan mendalam budaya itu sudah tertanam sewaktu anak-anak berada di lingkungan keluarga yang sudah barang tentu hasil dari nenek moyang kita yang sudah menanamkan dan mengakarkan tradisi serta budaya sehingga bangsa indonesia di kenal dengan budaya ketimuranya yang sopan sapun serta keramah tamahan masyarakatnya.



12 Responses to "Budaya Indonesia Sebagian Ciri Khas Bangsa"

  1. Nyontek neng ngendi kuwi bos...

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata pinter juga ya ni bocah hahahah

    ReplyDelete
  3. sip gan artikelnya,,,
    salam
    berbol.com berita bola terbaru dan terlengkap

    ReplyDelete
  4. setuju nih sama posting satu ini, budaya emang ciri khas bangsa kita

    ReplyDelete
  5. keaneka raagaman budaya yang kita meliki harus dilestarikan dan dijaga sob..

    ReplyDelete
  6. memang sudah seharusnya kita selalu menjaga budaya baik kita jangan menirukan budaya orang lain sedangkan budaya baik kita tidak kita lestarikan, jadi mari kita lestarikan budayakan kita dan kita pamerkan ke luar supaya budaya kita dikenal masyarakat dunia.salam kenal

    ReplyDelete
  7. Saya setuju dengan pemaparan di atas, akan tetapi dewasa ini nilai-nilai luhur tersebut mulai memudar. Kita sering lihat tayangan di berbagai media yang cukup memprihatinkan dan miris. Sepertinya nilai persatuan di antara kita sudah mulai terkikis oleh jaman dan era globalisasi. SALAM UNTUK SEMUANYA...

    ReplyDelete
  8. maka dari situ itu menjadi tugas kita untuk dapat mempertahanan budaya indonesia yang di kenal dengan keramahtamahanya, serta adat ketimuranya yang sudah sangat terkenal di dunia Internasional..

    ReplyDelete

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel