Peran Keluarga dan Pendidikan Karakter Anak


Keluarga


Semua Ada Disini-Keluarga berperan penting dalam pembentukkan sikap dan perilaku anak, kecenderungan anak sewaktu kecil yang seluruh kegiatanya didampingi oleh sosok orang tua. Disini anak yang belum bisa membedakan antara yang baik dan buruk itu kerap kali mempunyai sifat ‘Peniru’ dari apa yang dia lihat, kemudian di ulangi lagi oleh anak tersebut. Sebenarnya peran orang tua itu turut mempengaruhi pembentukkan karaktek anak, maka sebagai orang tua hendaknya untuk selalu memberikkan keteladanan sikap yang rentan dengan kecenderungan anak sebagai ‘peniru’ dalam segala hal tanpa filter. Orang tua diharapkan memberikan contoh, bukan hanya menyuruh anak, alangkah baiknya perilaku orang tua itu sebagai keteladanan bukan hanya sekedar pemimpin saja.


Disini pembentukkan karakter berproses dari keluarga, karena disitu waktu yang sering dihabiskan oleh anak-anak, sehingga pengaruh keluarga sangat kental  dengan anak yang bersangkutan. Selain itu juga selain keluarga pendidikan karakter juga ikut disumbangkan dari lingkungan tempat tinggal, lingkungan disini sangat mempengaruhi karakter anak yang mulai beranjak dewasa. Di proses perkembangan inilah pengawasan orang tua diharapkan untuk lebih ketat dalam membimbing dan memberi pengertian apapun yang mereka belum ketahui tentang sesuatu yang mereka lihat dalam lingkungan sekitar.

Proses pendidikan anak juga sangat dipengaruhi oleh faktor teman sebaya, disini yaitu teman akrab. Peran teman Karib juga ikut membentuk karakter anak. Ini terjadi pada saat perbedaan kebiasaan, sikap serta pendapat  yang mereka temukkan dari pada saat lagi besama-sama, kecenderungan anak yang selalu meniru sesuatu yang baru tanpa memikirkan   baik dan buruknya, maka ini yang perlu menjadi perhatian yang ketat untuk agar dilakukkan  orang tua. Perlu dketahui, dalam proses ini orang tua hendaknya bisa menjadi sosok yang di butuhkan oleh seorang anak, sehingga anak tidak mencari sosok yang nyaman dari orang yang salah. maka hendaknya orang bisa berbagi sekedar cerita, berbagi pengalaman, bahkan memposisikan sebagai teman sebagaya bagi anak. Oleh karena itu sikap fleksibel itu diperlu dilakukkan oleh orang tua, agar mereka bisa mewaspadai kecenderungan tumbuh kembang dalam segala hal, alangkah baiknya anak mengetahui tentang sesuatu dari orang tua sehingga anak bisa mengaerti dampak dan manfaat agar anak tidak selalu menafsirkan atau menyimpulkan sendiri apa yang mereka ketahui, karena pola pikir anak cenderung singkat.

Dalam hal tersebut, peran pendidikan dalam keluarga sangat di anjurkan untuk membentuk pribadi anak yang memiliki sikap, karakter serta pemikiran yang selalu menuju kearah yang positif, karena anak sudah memiki pengetahuan dan pondasi kuat serta batas-batas yang sudah orang tua bekali dari lingkungan keluarga. 








2 comments:

Almusto said...

Tambah mantap yakin artikelnya...ada masukan bos sebaiknya gambar pakai orang pribumi jangan orang luar....ingat bos cinta Indonesia

muh munif said...

oke boz, thanx

Post a Comment

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Peran Keluarga dan Pendidikan Karakter Anak