Hewan-hewan yang punah di Dunia

hewan mammoth

Semua Ada Disini-Banyak binatang masa kini yang mengingatkan pada binatang pra sejarah, mereka telah mengalami evolusi spesis. Beberapa binatang yang muncul setelah pra sejarah juga telah punah oleh akibat campur tangan manusia yang menjadi penyebab kepunahan tersebut. berikut merupakan hewan-hewan yang punah yang di akibatkan oleh campur tangan manusia :

  • Burung Dodo
Burung yang lenyap pada tahun 1681 ini merupakan burung yang tidak dapat terbang, mereka hidup di hutan khatulistiwa di pulau mauritius, dalam perlindungan karnivor besar (keluarga kucing, beruang). Mereka di musnahkan oleh manusia pada akhir abad XVII.
  • Mammoth
Hewan ini hidup di bumi sekitar 2 juta tahun yang lalu, Herbivor ini memiliki bulu yang lebat yang dapat melindunginya dari udara dingin. Hewan mammoth ini merupakan keluarga dari gajah, sedangkan kepunahanya sendiri belum terungkap dan masih dalam tahap mencari sampel, memilah-milah jenis binatang serta menggali lapisan es untuk dapat mencari kebenaran megenai penyebab kepunahan hewan mammoth tersebut.
  • Kungkang
Hewan raksasa ini hidup di daerah Amerika Serikat dan Amerika Utara. Tinggi kungkang terbesar mencapai 7 m dan besarnya sama seperti gajah masa kini.
  • Pinguin Besar tidak dapat terbang
Hewan ini habis di bantai manusia dan hewan ini terakhir di bantai habis yang termasuk sisa-sisanya pada tahun 1844 di Slandia.
  • Elang Haast
Jenis elang ini hidup di selandia baru, spesis burung ini lenyap bersamaan dengan Moa. Dari hasil penelitian yang berdasarkan DNA, burung ini memiliki berat 13 kg dan lebar 3 m saat merentangkan sayapnya.
  • Moa
Hewan ini lenyap 300 tahun yang lalu, mereka adalah burung besar (700 kg) dan tertinggi (3,60 m) yang tak ada tandinganya hinggi kini. Mereka tidak dapat terbang dan hidup dalam naungan predator besar di slandia baru, bukan dalam perlindungan manusia yang justru menjadi penyebab kepunahanya.
  • Moropus
Hewan ini di anggap sebagai nenek moyang dari pesissdactyla (kuda, badak, dan tapir). Mereka hidup di Amerika Serikat Utara dan Asia pada 20 juta tahun yang lalu. Mereka menggali akar-akaran yang menjadi makanan pokoknya dengan menggunakkan kakinya yang bercakar. Tingginya mencapai 2,10 m. Kepalanya seperti kuda, bentuk lehernya mirip seperti jerapah, dadanya seperti tapir, dan kaki depanya mirip dengan badak.
  • Harimau Tasmania
Hewan ini juga mempunya sebutan serigala marsupial adalah keluarga dari kanguru. Hewan ini resmi di nyatakan lenyap 4.500 tahun yang lalu, dan hanya hidup di wilayah Tasmania. Meskipun demikian, ada yang menyatakan bahwa kepunahan total spesies ini terjadi sejak tahun 1940
  • Smilodon
Harimau gigi pedang ini telah lenyap 2 juta tahun yang lalu. Keluarga dari kucing karnivor ini tetap menjadi kucing terkuat sepanjang sejarah, ukuranya sama dengan singa dan mempunyai taring panjang berbentuk belati yang sanggup membunuh seekor mammoth.








0 comments:

Post a Comment

Blog ini Dofollow, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terima Kasih

Hewan-hewan yang punah di Dunia